Ads 468x60px

Sunday, June 16, 2013

Sholat Jumat Pasar Jaya Jatinegara

Jumat, 16 juni 2013
    Perjalanan yang cukup panjang dari Bangil menuju ibukota negara indonesia telah berakhir dan berlabuh di Stasiun Jatinegara Jakarta Timur. Perjalananku sesungguhnya adalah menuju kota Deltamas Cikarang Pusat Bekasi, namun sejak adanya peraturan baru dari PT. KAI untuk sekarang ini kereta jarak jauh tidak berhenti di banyak stasiun maka otomatis untuk menuju Deltamas maka aku harus ke Jakarta terlebuh dahulu. Begitu juga untuk pemberangkatan awal dari jakarta ketika menuju ke Jawa Timur, Jogja, Jawa Tengah, harus dimulai dari stasiun awal pemberangkatan dari Jakarta.

Setelah kurang lebih satu minggu merasakan suasana kampung halaman akhirnya tiba saat untuk meninggalkannya. Waktu satu minggu di Bangil terhitung lumyan cukup lama karena dari ITSB jarang sekali ada waktu liburan, khusus untuk Prodi Sawit. Jadwal yang tidak pernah Pasti sudah melekat dengan Kampusku, melihat jadwal yang seperti itu maka ketika menunggu ketidakpastian aku dan teman – teman memutuskan Pulang ke kampung halaman. Sungguh keputusan yang sangat Tepat karena ada sekitar 2 minggu dikampus tidak ada kegiatan hanya menunggu kepastian Praktikum. Jika tahu ternyata seperti ini setidaknya aku bisa merasakan kebersamaan dengan keluarga agak lama, tapi tak apalah waktu satu mingguan sudah cukup bisa bertemu dengan Ibu, Buya, Mas, Adek, saudara dan teman- teman.

Perjalanan balik dari Bangil kali aku menggunakan Kereta Matarmaja dengan keberangkatan Awal dari Stasiun Malang. Biasanya memang lebih suka naik kereta Dari Surabaya namun karena beberapa pertimbangan dan bisa bareng dengan teman yang lain aku naik Kereta Matarmaja. Aku berangkat meningglakan rumah setelah Sholat Dhuhur dan naik kereta Penataran menuju Kota Malang. Sampai di Kota malang sekitar pukul 14.00 disana ketemu dengan Adit teman SMA serta  satu Desa yang kuliah di Brawijaya. Lumyan bisa ada teman Ngobrol sembari menunggu kedatangan kereta Matarmaja.

Jam telah menunjukkan Pukul 16.00 Wib namun kereta Ini belum berangkat. Seharusya kereta ini berangkat Pukul 16.00 Wib dan sampai di Jakarta pasar senen Besok pukul 09.30 Wib. Awal keberangkatan sudah telah menyebabkan kereta ini pun telat sampai dijakarta 2 jam dari jadwal yang tertera. ini juga salah satu alasan kenapa aku tidak suka naik kereta Matarmaja karena tidak pernah tepat dan mesti telat. Menurut pengalaman selama aku naik kereta ini serta dikuatkan oleh pernyataan salah seorang pegawai Restorasi yang mengatakan bahwa kalau perjalanan ke Jakarta memang tidak pernah tepat seperti jadwal.

Akhirnya kereta Matarmaja yang aku Tumpangi bersama dengan Hernawan, Danang, Henggar dan Sulkan sampai di Jakarta. Aku Turun di Stasiun Jatinegara yang merupakan Stasiun pemberhentian kedua terakhir sebelum satsiun Senen. Kulihat jam telah menunjukkan pukul 11 lebih dan hari ini adalah hari Jumat Jika aku lanjutkan perjalanan maka aku tidak akan bisa melaksanakan sholat Jumat. Aku dan teman- teman sepakat Sholat Jumat dahulu deket stasiun Jatinegara. Aku keluar stasiun dan seingatku dulu ada masjid deket stasiun namun ternyata itu hanya Mushollah dan tidak melaksanakan sholah Jumat. Terdengar suara bacaan murattal dari seberang jalan yang menunjukkan tempat biasa dilakukan sholat Jumat. Aku coba tanya kepada orang sekitar dimana masjidnya dan aku diberitahu kalao masjidnya diatas Pasar Jaya.

Segera setelah mengetahui lokasi masjid aku dkk menuju Lokasi untuk Sholat Jumat. Pasar jaya adalah pasar Modern dan didalamnya banyak orang jualan seperti Cincin, batu- batu mulia. Pasar jaya berkosep Pasar modern dengan gedung yang bertingkat 4 lantai dan diatas terdapat Masjid. Memang banyak sekali sekarang Mall- Mall yang diatasnya dibangun masjid dan memang masjidnya sangat ramai. Mall yang kutahu seperti ini adalah Blok- M serta SGC dan pastinya banyak lagi yang lain.

manfaatkan sesuatu yang ada dengan sebaik- baiknya dengan membuatnya menjadi sesuatu yang bermanfaat”

Seusai sholat Jumat aku melanjutkan perjalanan menuju Cikarang dengan naik Bus 122 jurusan Cikarang – Senen yang lewat depan stasiun Jatinegara. Perjalanan dari Jakarta menuju Cikarang masih lumayan Jauh ada sekitar 2 jam. Dan untuk menuju Kota Deltamas Tempat yang aku harus oper Angkot 35. Satu- satunya mode transportasi yang menuju Deltamas selain ojek dan taxi. Alhamdulillah setelah melewati perjalanan yang cukup jauh aku tiba di Kontrakan Catalonia B10 dengan selamat sekitar pukul 16.00 WIB.