Ads 468x60px

Sunday, June 16, 2013

Motivasi Nulis


Senen, 10 Juni 2013

Menulis merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk menorehkan sejarah agar nama kita tidak hilang digerus oleh zaman. Dengan adanya tulisan yang yang bermanfaat bagi semua orang maka nama kita akan abadi seiring dengan tulisan yang kita buat. Percuma jadi orang yang pintar jika ilmunya tidak bermanfaat atau hanya untuk diriya sendiri. Ilmu harus diamalkan dan dibagikan kepada sesama, salah satu cara yang paling mudah adalah lewat tulisan.


Sejak masuk dunia perkuliahan aku jadi pengen banget jadi seorang penulis. Karena dalam kehidupan mahasiswa tidak lepas dengan yang namanya menulis. Mulai dari tugas yang diberikan dosen baik berupa makalah, laporan dan lain sebagainya. Hingga begitu pentingnya menulis bagi seorang mahasiswa, ketika diakhir ingin mendapatkan gelar baik itu diploma maupun strata maka diwajibkan untuk membuat suatu laporan ilmiah, untuk diploma biasanya dikenal dengan TA (Tugas Akhir), sedangkan untuk Strata yang telah lazim kita kenal dengan nama skripsi untuk S1, Thesis untuk S2 dan Desertasi untuk S3.

Ketertarikanku akan dunia kepenulisan ini menyebabkan aku bergabung dengan teman – teman FDI Ceria. Suatu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) penalaran yang ada di UniversitasMuhammadiyah Malang dengan banyak sekali orang hebat yang ada disana sehingga bisa membakar semangat, namun sangat disayangkan baru sebentar aku merasakan hangatnya keluarga baru FDI aku harus pergi meninggalkan kota malang dan pindah Kuliah ke ITSB sampai sekarang ini. Banyak sekali manfaatnya yang kudapat saat mengikuti UKM terseut selain bisa banyak Ilmu, Kekeluargaanpun sangat erat serta bisa berlatih kehidupan oganisasi, leadership, public speaking, dll.
Sejak pindah kampus Ke ITSB suasana jadi sangat beda dan sangat jauh sekali perbedaannya dengan UMM. Ya bisa dimaklumi ITSB kampus baru dan masib belum banyak mahasiswanya sehingga kegiata mahasiswa sangat terbatas. Tidak menyalahkan keadaan namun memang sangat terasa sekali perbedaannya saat berkumpul dengan orang hebat secara tidak langsung kita akan termotifasi. Walaupun demikian aku masih ingin dan bisa “menulis” tak jarang juga aku mencari info lomba kepenulisan seperti essay dan artikel dan mencoba untuk mengirimkannya walaupun belum bisa menang.
“Secara tak langsung lingkungan akan membawa perubahan besar dalam hidup kita, jika kita berteman dengan orang baik maka kita akan menjadi baik dan sebaiknya”
Salah satu teman di UKM FDI dulu yang juga rekan satu kelompok saat membuat PKM saat KEMI (kemah Ilmiah) yang diadakan FDI saat aku pertamana masuk di UKM ini, dia men tag lewab FB mengenai event Puisi  yang diadakan dari salah satu grup yang ada di FB aku tertarik untuk mengikutinya. Salah satu motto dari grup tersebut adalah semua Naskah layak pantas untuk dibukuan sehingga setiap peserta yang mengikuti maka karyanya akan dibukukan dalam antologi puisi bersama saat itu tema adalah tetang hari ibu. Dari mengikuti event ini aku jadi mulai tertarik dengan dunia kepenulisan non- ilmiah seperti cerpen, FF (flash fiction), FTS (flash true story), pantun dan lain sebagainya yang berhubungan dengan sastra.  Dari sini aku coba gabung dengan beberapa grup kepenulisan yang ada di FB banyak info – info yang didapat disana dan ternyata banyak sekali event kepenulisan yang diadakan dan tiap minggu pasti ada.

                Sampai pada suatu saat aku gabung dengan grup KPS(komunitas pena santri) yang saat itu mengadakan event “ini kUltumku” yang keempat dan dibilang event spesial. Tanpa banyak pikir aku coba membuat Kultum dan segera aku kirimkan kesana. Setelah masa event selesai maka pengumuman hasil pun dikeluarkan, pada hari ini senin aku coba membuka FB dan masuk kedalam KPS dan alhamdulillah Kultumku masuk dalam kategori 7 besar. Walaupun masih belum bisa menang namun setidaknya bisa lolos 7 besar dan dari nilainya masih peringkat 4-5. Dengan ini lumayan bisa meningkatkan motifasiku dalam menulis.
tetap berusaha dan berdoa hingga sampai pada akhirnya kita akan menemukan sesuatu yang sesuia dengan diri kita , jangan pernah ada kata putus asa ketika gagal dalam suatu bidang mungkin dibidang yang lain kita bisa sukses“







Artikel Terkait Curcol

0 comments:

Post a Comment