Ads 468x60px

Friday, May 3, 2013

Tsaqofah Islamiyah (Wawasan Keislaman)/ Dirosah Islamiyah (1)


Mengenai Tsaqofah Islamiyah mencakup pengertian yang luas dalam islam, dan meliputi segala aspek dalam islam


Menurtu bahasa Tsaqofah adalah Pintar, Cerdas, belajar cepat dan faham, ilmu akurat
Sedangkan orang yang memiliki ilmu yang banyak dan luas biasa disebut dengan Mutsaqoh
Secara Istilah Tsaqofah Islamiyah bisa diartikan sebagai sejumlah ilmu/ sains pengetahuan yang dalam hal itu dibutuhkkan kepintaran untuk memahaminya.

Telah dijelaskan bahwa dalam tsaqofah islamiyah sangat luas jangkauannya meliputi seluruh aspek termasuk warisan peradaban dan pemikiran isalam baik teoritis maupun aplikatif yang ditingglakan pada zaman dahulu , karena kita tahu islam pernah berjaya dan memimpin peradaban didunia ini.

Dalam memperlajari agama Islam pemahaman tentang ilmu dalam islam meliputi banyak lini baik itu muammalah, adat, hukum, dan semuanya dalam berbagai aspek kehidupan.

Cara menjadi Muslim yang benar adalah dengan mempelajari secara terstruktur tidak loncat – loncat, dimulai dengan mempelajari akidah secara kuat, yang merupakan pondasi bagi kita agar tidak mudah terpengaruh kejamnya dunia di akhir zaman seperti saat ini. setelah itu belajar akhlak juga karena akhlak ini sangat penting dalam menjalani kehidupan. Dan selanjutnya mempelajari semua tentang islam secara menyeluruh, sehingga dengan begitu kita tidak akan mudah menyalakan orang lain, dengan sedikit- sedikit mengatakan bid’ah..



Artikel Terkait Dinul Islam ,Life Motivation

1 comments:

  1. Yang pertama kali mengatakan bidah adalah rosulullah. Bukankah bidah menurut sebagian orang bidah hasanah bidah yang baik, lantas kok kepanasan bila dikatakan bidah bukan kah seharusnya bangga.

    ReplyDelete