Ads 468x60px

Tuesday, February 19, 2013

Stasiun Purwakarta


Jumat, 08 Februari 2013


Setelah menginjakkan kaki di Garut, hari ini aku balik lagi ke Deltamas, aku balik sendiri ke Deltamas karena Sendi masih ada acara di Garut dan aku meminta untuk pulang duluan n sendirian aja. Setelah sholat shubuh hari jumat aku diantar Sendi ketempat Angkot yang akan membawaku ke Stasiun Leles, tempat aku naik kereta lokal Cibatu – Purwakarta. Jadwal keberangkatan keretanya pukul 06.20 WIB dari Stasiun ini. Dalam perjalanan meskipun kereta ini kereta ekonomi yang tiketnya Murah meriah namun kereta in sangat tertib tidak seperti KRD lokal Jakarta – Puwkarta. Gerbong kereta juga lumayan bersih serta pedangan asongan pun tidak banyak yang menjajakan jualannya seperti terkesan sembunyi- sembunyi dan kejar- kejaran dengan para petugas. Dan bahkan pedagang asongan pun untuk naik kereta ini harus membeli tiket juga, namun aku pribadi ya fine- fine ja dan lumayan senang juga ada pedagang asongan jadi bisa membeli makanan ringan ataupun sekedar oleh- oleh saat di kereta. Dan harganya juga murah dari pada harus beli di restorasi KA.

Sekitar Pukul 11.00an WIB aku sampai distasiun Purwakarta, stasiun pemberhentian terakhir kereta lokal yang aku tumpangi, jadwal kereta berikutnya yang menuju Jakarta melewati Stasiun Lemah Abang tujuanku adalah pukul 12.00 Wib, inginnya naik kereta ini, namun hari adalah hari Jumat dan aku g mau ketinggalan Sholat Jumat selama emank itu masih bisa aku kerjakan. Saat aku keluar dari stasiun Purwakarta ada banyak tukang ojek yang menawarkan jasanya
“Mau kemana Mas”? tanya salah seorang tukang ojek
“ Kalau Cuma sampai Bekasi aja mending naik Bus lebih cepat g usah nunggu lama “ timpal tukang ojek lagi
“Saya mau ke Cikarang Pak”, jawabku pada tukang ojek itu
“Ayo mas saya Antar, Rp 5.000,00 aja langsng sampai ke tempat pemberhentian Bus”.
“ G usah Pak, terima Kasih, saya mau sholat Jumatan dulu aja”.
Setelah itu aku berlanjut menuju Masjid didekat stasiun namun sebelumnya aku mampir beli es cendol dulu seharga Rp 3.000,00. Setelah itu baru aku menuju masjid, dan di masjidpun masih sepi karena memang disini waktu dhuhur pukul 12.10 WIB. Setelah meaksanakan kewajiban Sholat Jumat berjamaah aku melanjutkan perjalanan, saat sampai didepan stasiun aku tanya ke satpam agar aku dikasih tau cara menuju tempat pemberhentian Bus yang menuju cikarang, setelah dikasih tahu aku langsung menuju tempat yang di beritahu oleh Bapak satpam tersebut.



Aku berdiri di trotoar jalan depan stasiun untuk nunggu angkot seperti yang telah dikasih tahu Pak satpam aku suruh naik angkot 01, aku tidak langsung menghentikan angkot yang lewat di depanku karena ini baru pertama kali  aku naik angkot di purwakarta dan tidak tahu daerah sini masih kebiasaan naik angkutan umum adalah saat kita sudah sampai tempat baru bilang “ Kiri Pak” kecuali jika memang naik ke tujuan akhir angkot itu. Sampai akhirnya ada angkot yang berhenti menghampiriku
“ Ikut mas?”, tanya sopir angkoat dari dalam angkotnya
“ Ke Cikopok bisa?”, jawabku berbalik tanya
“Ngga Bisa A’, nanti turun Sadang baru ganti angkot lagi” jawab sopir angkot menjelaskan
“Emmm, g  usah dech A’!”
            Menurut info yang aku dapat dari stasiun bisa naik cuma sekali aja, aku juga dibilang Sendi seperti itu, kata Sendi aku suruh turun Cikopoh disitu tempat yang dilewati bus Prima Jasa sebelum masuk tol, karena itu aku g jadi naik angkot dulu, setelah angkot lewat ada seorang ibu dengan anaknya yang sepertinya akan naik angkot juga maka aku menghampirinya

            “ Bu, kalau mau ke Cikarang Naiknya Dari mana ya Bu?” tanyaku pada Ibu- Ibu tadi
            “ Gini A’. Ntar Aa’ aik angkot dulu kalau dari g bisa Busnya g lewat sini!”
            “ Iya Bu, itu naiknya sekali aja atau gimana Bu?
            “ Iya Cuma sekali aja, Aa’ ikut saya aja naik angkot nant saya kasih tahu turunnya”

Aku menurut Ibu tadi dan naik angkot sama- sama dengan Ibu itu, setelah angkot berjalan 10 menit-an Ibu tadi mengatakan bahwa sudah dekat dengan tempat tujuanku, dan ternyata didalam angkot juga ada Bapak yang tujuannya sama dan mau ke Bekasi. Setelah sampai aku turun bersama Bapak yang mau ke bekasi tersebut, dari berhenti angkot aku harus berjalan dulu menuju jalan raya yang dilewati Bus, dan setelah ku tanya kepada bapak itu tempat berhenti angkot tadi adalah Pasar Jumat, jalan menuju tempat Bus kira- kira 5 menitan, setelah sampai disana ternyata dekat dengan SMPN 4 Purwakarta. TaK lama Bus lewat didepanku dan ku Baca tulisannya Tujuan Garut- Bekasi. Bapak itu langsung naik dan aku tidak naik karena aku menunggu yang tujuannya cikarang. Lama juga menunggu Bus tujuan Cikarang, banyak yang tujuan Bekasi dan kelihatannya AC semua, namun aku mencari yang kelas Ekonomi dengan tujuan Cikarang agar bisa turun di Lemah abang, kalau yang AC langsung lewat Tol. Setelah menunggu Cukup lama akhirnya ada juga Bus dengan Tujuan Cikarang, aku pun naik dan ongkos yang harus Kubayar adalah Rp 7.000,00.



Artikel Terkait Curcol

0 comments:

Post a Comment