Ads 468x60px

Thursday, February 14, 2013

Surat Kuasa


Selasa, 05 Februari 2013

Satuan Kredit Semester (SKS)

Perbedaan saat memasuki dunia perguruan tinggi dengan saat sekolah bisa dilihat dari pelajaran yang diterima peserta didiknya, jika dahulu disekolah menggunakan nama mata pelajaran (mapel) namun jika diperguruan tinggi menggunakan nama Mata Kuliah, Mata kuliah disini diwakili dengan SKS yang merupakan beban yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa, setiap mata kuliah SKS-nya tidak sama ada yang memiliki SKS 4, 3, atau 2. Biasanya beban pelajaran dikampus tatap muka untuk tiap SKS-nya adalah 50 menit. Untuk mahasiswa yang menempuh jenjang S1 akan dikenai beban SKS sebanyak 140-160 SKS sedangkan untuk mahasiswa Diploma 3 akan dibebani 110-120 SKS.






















Perwalian atau biasa di kampus lain lebih dikenal dengan sebutan KRS-an merupakan kegiatan bagi mahasiswa yang akan memasuki kuliah diawal semester untuk mengatur mata kuliah apa saja yang akan diambil serta banyaknya jumlah SKS yang akan ditempuh dalam semester tersebut, biasanya jumlah SKS maksimal yang diambil disesuaikan dengan IP (indeks prestasi) mahasiswa. Semakin tinggi IP mahasiswa tersebut maka semakin banyak juga jumlah SKS yang bisa diambil. Biasanya untuk tiap semester maksimal SKS yang diambil berjumlah 24 SKS.

Pada hari ini Selasa tanggal 5 Februari 2013 merupakan hari terakhir perwalian di ITSB, dengan kata lain jika mahasiswa tidak melakukan perwalian maka mahasiswa tersebut sama saja tidak mengambil mata kuliah dan 0 SKS. Teman- teman dari prodi TPS ada sekitar 6 orang yang tidak bisa mengikuti perwalian pada hari ini sehingga atas saran dari dosen wali bapak Hendi Riyanto maka teman- teman yang berada di kampung halaman disuruh membuat surat kuasa untuk melakukan perwalian kepada teman – teman yang tidak pulang kampung, aku dan Hernawan yang kebetulan tidak pulang kampung diberi Kuasa oleh teman – teman ( Dwi, Risyad, Purwo, Mahmud, Henggar dan Danang) untuk melakukan perwalian pada hari ini.

Artikel Terkait Curcol

0 comments:

Post a Comment