Ads 468x60px

Monday, June 10, 2013

Persiapan menghadapi Bulan Ramadhan



Waktu terus berjalan berjalan, detik silih berganti dengan menit dan jam.  Hari - haripun berganti, tak  terasa sekarang ini kita telah berada di awal bulan Sya’ban yang berarti tinggal satu bulan lagi kita akan memasuki bulan Puasa atau Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dengan banyak sekali keutamaan yang ada didalamnya. Untuk menghadapi bulan yang mulia ini sebagai seorang muslim marilah kita persiapkan diri untuk menghadapainya.



Berikut ini hal – hal yang perlu dipersiapkan :
1.       Mempersiapkan hati (Rohani)
Dalam menghadapi bulan Ramadhan yang mulia nantinya, mulai saat ini kita persiapkan rohani kita dengan membersihkan hati, menghindarkan dari penyakit – penyakit hati seperti iri, dengki, ghibah dan lain sebagainya. Dengan mempersiapkan rohani ini maka nanti kita sudah siap sehingga puasa yang kita jalani nanti tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar tetapi bisa bernilai Ibadah Untuk bisa menggapai Ridha-Nya.
2.       Mempersiapkan Pikiran
Persiapan pikiran juga tidak kalah pentingnya dimana deengan menyiapkan pikiran ini termasuk bagaiman kita belajar mengenai segala yang berhubungan dengan puasa, baik itu rukun, syarat, yang membatalkan serta lain sebagainya. Dengan mempersipakan diri dengan pengetahuan yang memadai maka bulan Ramadhan yang akan kita jalani akan bisa bernilai ibdah dan dan tidak sia- sia belaka.
3.       Mempersiapakan Raga
Ibadah puasa bukan hanya ibadaa yang melibatkan hati namun raga kita juga ikut merasakannya. Dimana mungkin bagi sebagian orang akan terasa berat, biasanya makan bisa 3x sehari atau lebih, ada sarapan Pagi, Makan siang dan Makan malam. Ketika menghadapi bulan Ramadhan dan menjalani puasa selama satu bulan maka pola makan akan berganti menjadi 2x sehari yakni saat sahur dan buka puasa diwaktu manghrib. Bagi yang belum terbiasa mungkin akan terasa berat untuk melakukan puasa. Padahal jika kita lihat tidak akan ada orang yang bisa mati  dengan menjalankan puasa yang hanya mengganti pola makan seperti itu dan banyak yang bisa diambil manfaatnya dan sudah terbukti secara klinis bahwa puasa bisa menjadikan sehat. Jika  kita perhatikan barangkali semuanya akan setuju bila rasa berat untuk menjalankan puasa bukanlah karena tidak kuatnya raga namun godaan nafsu ah yang sebenarnya menjadikan puasa terasa berat.
4.       Mempersiapkan Amal
Bulan Puasa adalah bulan penuh keagungan dan Rahmat dimana dalam bulan ini akan dilipatgandakan segala perbuatan baik. Bulan Puasa adalah ladang amal bagi kita umat muslim banyak kegiatan yang dalam bulan biasa tidak dihitung dengan Amal ibadah namun ketika masuk dalam bulan Ramadhan maka kegiatan tersebut bisa dikatakan ibadah, Seperti Tidur. Jika kegiatan yang hanya terlihat “sepele” itu saja bisa bernilai ibadah bagaimana dengan kegiatan yang memang baik. Maka disini perlu disiapkan segala amal yang biasanya tidak dikerjakan bisa kita mulai melakukannya dari sekarang sehingga ketika bulan Ramadhan telah tiba kita sudah terbiasa dengan amal – amal yang baik.


Artikel Terkait Curcol

0 comments:

Post a Comment