Ads 468x60px

Sunday, May 12, 2013

Permintaan Nabi Ibrahim A.S.


Jumat, 10 Mei 2013

Tersurat 4 permintaan nabi Ibrahim yang bisa menjadi renungan dan kita aplikasikan serta kita contoh dalam kehidupan ini yang terdapat dalam surat Asy- Syuara’ ayat 83- 85
“ (Ibrahim berdoa), ‘Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku Ilmu dan masukkanlah aku kedalam golongan orang – orang yang sholeh, [83] dan jadikan aku buah tutur yang baik bagi orang – orang yang (yang datang) kemudian, [84] dan jadikan aku termasuk orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan.[85]”  {Q.S : Asy- Syuara. 83-84}
Dari ayat diatas dapat diperinci Doa nabi Ibrahim kepada Allah SWT menjadi 4 perkara :
1.       Dianugerahkan Hikmah menjadi pemimpin
Dalam ayat tersebut tertulis “hukman” yang diartikan sebagi ilmu namun disini bisa diartikan sebagai anugerah untuk menjadi pemimpin, hakim yang berasal dari kata ha- ka- ma >>> haakim memiliki makna orang yang melarang perbuatan salah. Sehingga maksud dari Hukman bisa diartikan sebagai penguasa atau hakim yang memiliki kuasa dan menegakkan kebenaran, dan melarang agar pebuatan jelek tidak dilaksanakan. Hukum- hukum yang ada merupakan langkah preventif pencegahan agar tidak dilakukan suatu kesalahan. Menjadi Pemimpin disini adalah yang sesuai dengan Syariat islam yang bisa menjadi panutan dan bisa menegakkan kebenaran.
2.       Dimasukkan kedalam golongan orang – orang sholeh
Ketika kepemimpinan telah didapat dan kekuasaan telah diperoleh tidak berhenti disitu saja. Selanjutnya adalah menjadi orang yang sholeh. sebagai pemimpin harus menjadi yang sholeh agar dalam menjalankan kekuasaannya bisa sesuai dengan syariat dan kebenaran.
3.       Memiliki pesan- pesan yang akan dikenang dikemudian hari oleh orang lain
Saat menjadi pemimpin tentunya harus memiliki kemampuan agar bisa menjadi panutan memiliki buah tutur kata dan nasehat yang baik dan jangan sampai kita jadi pemimpin malah dibenci oleh orang lain dan saat kita telah tidak mejadi pemimpin lagi tidak ada hal yang berkesan yang bisa dikenang. Nabi Ibrahim termasuk nabi yang disebut juga sebagai “Ummah” yang memiliki keistimewaan serta dikenal dengan Bapak Para nabi. Keistimewaan Nabi Ibrahim salah satunya beliau juga punya sholawat yang disandingkan dengan Baginda Rasulullah Saw, yang biasa disebut Shalawat Ibrahim.
4.       Menjadi orang yang mewarisi Surga yang penuh dengan kenikmatan
Ketika ketiga syarat diatas telah terpeuhi maka kita akan memetik hasilnya yaitu mendapatkan surga yang didalamnya penuh dengan kenikmatan.

Untuk mendapatkan itu semua adalah dengan ilmu sebagaimana hadits Nabi SAW
“Barangsiapa menginginkan dunia maka dicapai dengan ilmu, dan barangsiapa menginginka akhirat maka dicapai dengan ilmu , dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka bisa dicapai dengan Ilmu”

Artikel Terkait Dinul Islam ,Life Motivation

0 comments:

Post a Comment