Ads 468x60px

Saturday, May 25, 2013

Uas Perpindahan Panas


Selasa, 21 Mei 2013

Setelah mendapat materi kuliah selama kurang lebih 4 bulan tiba saatnya mempertanggungjawabkan materi yang telah diberikan oleh dosen dengan suatu mekanisme yang biasa disebut dengan UAS (Ujian akhir Semester). Uas di kampusku berlangsung mulai tanggal 27 Mei pekan depan, namun ada satu mata kuliah yang dimajukan dan berlangsung hari ini yaitu Mata Kuliah Perpindahan Panas yang diampu oleh Bapak Hendi Riyanto. Mengenai Mata kuliah ini ntah kenapa aku kurang bisa menangkapnya padahal dulu awal – awal aku masih bisa mengikuti namun akhir- akhir semakin tak bisa masuk kedalam otakku, padahal Pak Hendi udah menerangkan dengan lumayan jelas dan banyak tugas yang diberikan.
Senin malam sebelumnya aku dan teman – teman sekontrakan nginep dikampus buat persiapan untuk menghadapi UAS Perpan ini. Aku berniat mencari materi lain dan soal- soal lain dari internet karena handbook teknik rata- rata bahasa inggris begitu juga yang dipakai Pak Hendi. Sampai dikampus aku pisah dengan teman- teman dan menuju lantai 2 dan ngenet disana. Aku berpikiran mau mengerjakan Tugas dari Bu Kun tentang K3 karena dulu sempat dibilang akan ada nilai tambahan jika mengumpulkan diawal.  Tugas K3 sudah 70% ku kerjakan dan rencananya malam ini akan aku kirim via email ke Bu Kun. Ternyata untuk mengerjakan 30% sisanya memberi efek  membutuhkan waktu yang cukup lama (Tugas k3 berupa slide presentasi).
Akhirnya sekitar pukul 00.00 Wib tugas K3 selesai dan telah aku kirim. Aku pergi ke lantai atas menuju ke aula tempat teman- teman ngenet. Sampai disana ternyata lampu telah padam aku kira didalam tidak ada siapa – siapa namun ternyata teman- teman ada didalam semua. Rencanaku gagal semua dan malam ini waktuku habis dengan tugas K3. Aku juga udah merasa capek sehingga belum belajar perpan. Tak lama kemudian aku udah tertidur dan bangun sekitar pukul 4 pagi. Sebelum pulang aku coba cari materi perpan dan aku simpan serta aku pelajari dirumah.
Pukul 08.10 Wib UAS dimulai lembar jawaban dan soalpun telah dibagikan. Uas kali ini adalah open laptop dan sebagainya namun tidak boleh buka buku catatan. Soal Uas hanya 2 buah namun aku tidak mengerjakannya. Hingga waktu usai masih belum ada yang beranjak dan mengumpulakan ke depan. Setelah diingatkan akhirnya semua mengumpulkan, sebelum meninggalkan ruang Pak Hendi mencoba membahas sedikit soal UASnya. Melihat semuanya tidak ada yang bisa mengerjakan, akhirnya Pak Hendi menyuruh mengerjakan lagi dirumah dan besok hari rabu, 22 Mei 2013 harus sudah dikumpulkan sebelum pukul 10.00 Wib.
Aku merasa dikalahkan telak oleh dua buah soal ini, memang aku sudah merasa dari awal kalau aku tidak menguasai materinya. Aku berpikiran meskipun aku malamnya belajar dengan semangat dan berusaha keras tidak akan bisa masuk semua, karena cara belajar seperti itu yang biasanya sudah terkenal dengan SKS (sistem kebut semalam) adalah bukan caraku. Aku lebih suka saat dosen menjelaskan aku berusaha konsentrasi dan mengerti apa yang disampaiakn dan saat Uas aku tinggal mempelajari sedikit saja. Aku coba membuat status di FB dan ternyata setelah aku tahu, status teman – teman sekelas hampir semua isinya sama mengenai kegagalan UAS Perpan Ini.
“Manfaatkanlah peluang yang ada dan jangan biarkan ia berlalu begitu saja”


Artikel Terkait Curcol

0 comments:

Post a Comment