Ads 468x60px

Tuesday, March 19, 2013

Salmon dan Hiu Kecil



Jumat, 15 Maret 2013

Jepang sudah tidak heran jika selalu dijadikan referensi tonggak kemajuan suatu negara yang telah maju, negara jepang terkenal dengan makanan Sushi yang menyantap daging segar tanpa dimasak lebih dulu, disini terdapat kisah unik yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.
Nelayan disana berusaha membawa ikan yang ditangkap dari laut ke darat agar tetap segar, namun berkali – kali gagal karena jarak laut yang jauh dengan darat, tentunya untuk mendapatkan tangkapan yang banyak tidak hanya di pantainya saja sehingga nelayan pergi ke tengah laut. Karena hal ini mereka memiliki trouble dengan kesegaran karena tiap ikan yang ditangkap setelah sampai di darat sudah tidak segar lagi, ikan yang menjadi tangkapan nelayan disana adalah ikan Salmon
        Sampai pada suatu  hari mereka mendapat hiu kecil lalu mereka melatakannya bersama dengan ikan salmon hasil tangkapan dan dengan cara ini ternyata Salmon sampai didarat masih dengan kondisi hidup dan masih segar. Selama perjalanan Salmon selalu bergerak mengikuti Hiu kecil tersebut sehingga Salmon bisa tetap hidup. Akhirnya mereka menemukan cara yang tetap untuk menjaga kesegaran Salmon.
        Dari kisah ini dapat kita ambil pelajaran yang sangat berharga yang bisa kita analogikan dengan kehidupan kita di dunia ini. kita dalam menjalani hidup ini terkadang memerlukan Hiu Kecil agar kita bisa sukses menjalani hidup, tak lain Hiu Kecil tersebut adalah sebuah tantangan ataupun suatu Masalah untuk tetap semangat dan eksis menghadapinya, bisa kita lihat jika hidup kita tidak punya tantangan maka hidup kita akan datar aja tidak ada passion  dan lama – lama kita bisa mati seperti nasib salmon dalam cerita diatas. Namun perlu diingat dengan adanya tantangan dan masalah itu bukannya menjadikan kita jatuh. Dengan adanya tantangan itu jadikan sebuah semangat dan pendorong untuk jadi pribadi yang lebih baik. Jadi kita harus pandai menyikapi sebuah masalah dan tantangan agar menjadi energi positif yang bisa manjadi titik balik untuk kemajuan kita

Ada sebuah petuah dari seorang ulama yang mengatakan
            Hati hati dengan pikiran karena akan manjadi perkataan, hati- hati dengan perkataan arena kan menjadi perbuatan, hati – hati dengan perbuatan karena akan menjadi kebiasaan, hati- hati dengan kebiasaan karena bisa menjadi kharakter, hati- hati dengan kharakter karena bisa menentukan nasib.

Artikel Terkait Life Motivation

0 comments:

Post a Comment