Ads 468x60px

Friday, January 3, 2014

Lomba Cipta Novelet Bertema Roman Islami JPIN 2014

Kasmaran atau jatuh cinta merupakan proses alamiah dalam kehidupan manusia. Rasa cinta merupakan fitrah yang melekat pada diri manusia. Rasa cinta merupakan anugerah dari Allah Swt untuk makhluk-Nya yang bernama manusia. Karenanya, tidak usah heran, bila di setiap kurun sejarah, selalu ada saja kisah-kisah cinta yang menggetarkan. Al-Qur’an sendiri sebagai kitab pegangan umat Islam pun merekam kisah cinta Yusuf-Zulaikha yang mendebarkan.

Dalam dunia sastra, kisah-kisah cinta selalu menjadi inspirasi yang menggelegakkan penciptaan karya sastra yang monumental. Sastrawan muda Indonesia Habiburrahman El-Shirazi sukses menuliskan kisah-kisah cinta Islami melalui novel-novel best seller-nya, di antara yang sudah difilmkan adalah berjudul Ayat Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih. Jauh sebelum itu, ada Hamka, ulama dan sastrawan dengan novel-novel roman Islami legendarisnya yang juga telah difilmkan, di antaranya yang telah difilmkan berjudul Di Bawah Lindungan Ka’bah dan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck.

Nah, berangkat dari spirit itulah, komunitas penulis Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN) bekerja sama dengan penerbit Pustaka Nusantara (Oase Qalbu Group), setelah sukses mengadakan Lomba Cipta Cerpen 2013 bertema “Romantika Cinta Islami”, kini menghadirkan kembali event lomba dengan tema serupa, namun kali ini dalam bentuk novelet. Yakni “Lomba Cipta Novelet Bertema Roman Islami JPIN 2014” dengan ketentuan sebagai berikut:

-Syarat dan Ketentuan Umum:
  1. Lomba terbuka untuk umum, warga negara Indonesia, dan tidak dibatasi usia.
  2. Peserta wajib berteman dengan akun facebook Jaringan Pena Ilma Nafia (https://facebook.com/jarnnganpena.ilmanafia?fref=ts)
  3. Peserta wajib tergabung dalam grup Jaringan Pena Ilma Nafia (https://www.facebook.com/groups/jp.ilna/).
  4. Peserta wajib tergabung dalam group Pustaka Nusantara (https://www.facebook.com/groups/penerbitoaseqalbu/)
  5. Peserta wajib me-like fanspage JPIN (https://www.facebook.com/JaringanPenaIlmaNafiaJPIN?ref=hl)
  6. Peserta wajib me-like fanspage Pustaka Nusantara (https://www.facebook.com/pages/Pustaka-Nusantara/270721422994422?ref=hl)
  7. Peserta wajib me-like fanspage penerbit Oase Qalbu (https://www.facebook.com/pages/Oase-Qalbu/157069840597?ref=hl)
  8. Peserta wajib me-like fanspage Ketua Umum JPIN Pusat Badiatul Muchlisin Asti (https://www.facebook.com/pages/Badiatul-Muchlisin-Asti/261971943925093?ref=hl)
  9. Posting info lomba ini dan tag ke minimal 25 temanmu yang aktif di dunia literasi, termasuk akun FB Jaringan Pena Ilma Nafia.

-Syarat dan Ketentuan Khusus:
  1. Naskah berupa novelet (novel mini) dengan panjang minimal 50 halaman maksimal 100 halaman, font TNR 12, spasi 1,5, margin 3-3-3-3 (tidak termasuk biodata).
  2. Naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun dan harus karya asli (orisinal), bukan saduran, apalagi plagiat/jiplakan, serta tidak mengandung SARA dan pornografi.
  3. Sertakan biodata diri dalam bentuk narasi di bawah naskah (bukan dalam file terpisah). Biodata dilengkapi dengan nama lengkap (asli), nama pena (bila ada), alamat lengkap, nama akun facebook dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  4. Novelet dikirim ke e-mail: penerbitanjpin@gmail.com dalam lampiran (attach file) dengan subjek: Novelet Roman Islami JPIN 2014_Judul Naskah_Nama Penulis.
  5. Batas akhir pengiriman novelet pada hari Jum’at,  28 Februari 2014.
  6. Akan dipilih tiga naskah novelet terbaik yang akan mendapatkan reward sebagai berikut:
-Juara 1 : Rp. 500.000,- + paket penerbitan buku indie senilai Rp 490 ribu (paket emas)
-Juara 2 : Rp. 300.000,- + paket penerbitan buku indie senilai Rp 325 ribu (paket perak)
-Juara 3 : Rp. 200.000,- + paket penerbitan buku indie senilai Rp 200 ribu
  1. Beberapa novelet terpilih akan dibukukan. Penulis akan mendapatkan royalti dari penerbitan noveletnya.
  2. Pemenang lomba akan diumumkan selambatnya dua bulan setelah deadline (batas akhir) pengiriman naskah.
  3. Hasil keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Segera ambil pena dan torehkan dengan hatimu. Semoga dengan diadakannya lomba ini bisa memberi berkah untuk kita semua.

Salam,
PJ Lomba JPIN
Hairun Nisa (FB: Echa Hairuen Niysa)

By Echa Hairuen Niysa on Friday, January 3, 2014 at 11:51am
https://www. facebook.com/notes/jaringan-pena-ilma-nafia-jpin/lomba-cipta-novelet-bertema-roman-islami-jpin-2014/603093229759737

Artikel Terkait Lomba

0 comments:

Post a Comment