Ads 468x60px

Sunday, May 5, 2013

AUDISI KEPENULISAN PENERBIT PENA NUSANTARA “ANAKKU, MUTIARAKU” (1 MEI - 10 JUNI 2013)


“ANAKKU, MUTIARAKU”
Setiap anak mempunyai keistimewaan tersendiri

Bismillahirrahmanirrahiim...

Manusia adalah sebaik-baik makhluk ciptaan-Nya. Setiap anak yang terlahir memiliki ‘kilau’ tersendiri. Ya, setiap anak terlahir istimewa! Adalah kedua orang tuanya yang berperan untuk mengarahkannya untuk mampu memperlihatkan dan melejitkan kilauan potensi yang dimilikinya.

Anak adalah asset berharga, bagaikan mutiara yang selalu memikat setiap mata yang memandangnya. Anak adalah tumpuan harapan yang akan menjalankan roda kehidupan manusia di masa yang akan datang.

Sehubungan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (29 Mei) dan Hari Anak Nasional (23 Juli), PenerbitPena Nusantara mengundang sahabat-sahabat semua untuk berpartisipasi pada audisi kepenulisan dengan tema “Anakku, Mutiaraku”.

Mari tuliskan kisah nyata yang inspiratif dan sarat makna tentang pengasuhan anak dalam upaya mendapatkan kilauan mutiaranya.

Syarat dan Ketentuan Lomba:

1. Lomba terbuka untuk umum. 
2. Naskah berupa kisah nyata (pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain yang mendapat persetujuan nara sumber). Kisah yang menceritakan pengalaman orang tua dalam mengasuh anaknya, ataupun pengalaman anak yang menceritakan pola pengasuhan yang diterapkan orang tuanya. Kisah yang penuh hikmah dan menginspirasi.

3. Pilihan sub-tema:
a.      Mutiara Yang Dinanti: merupakan kisah nyata tentang masa-masa penantian buah hati. Suguhkanlah kisah berupa kesungguhan usaha, kekuatan do’a, dan keikhlasan selama masa penantian.Tampilkanlah kisah nan penuh haru, baik yang berakhir sendu maupun berujungsenyuman. 
b.     Mutiara Yang Terabaikan: merupakan kisah nyata tentang buah hati yang terlahir dalam kondisi yang tak diharapkan hingga pada akhirnya terabaikan. Menceritakan keperihan kala buah hati terlahir ketika orang tuanya dalam keadaan tidak berpunya, atau saat hubungan keduaorang tuanya tidak mendapat restu, atau manakala kedua orang tuanya menjalin hubungan terlarang, atauanak yang terabaikan karena kesibukan orang tua. Kisah duka yang berujung dengan penyesalan ataupun kesadaran dari kedua orang tua.
c.      Mutiara Yang Tersembunyi: merupakan kisah nyata tentang buah hati yang terlahir dengan penyakit bawaan atau kecacatan/disabilitas. Juga tentang anak yang terlahir sehat namun kemudian mengidap penyakit berbahaya/mematikan atau anak yang selalu melawan kepada orang tuanya. Juga tentang anak yang mulanya diharapkan/diarahkan untuk menjadi ‘sesuatu’ sesuai keinginan orang tuanya namun ternyata memilih jalan sendiri atau mempunyai bakatnya sendiri. Kisah berisi pengalaman orang tua dalam menghadapi kekurangan anak namun kemudian menemukan semangat bahkan kelebihan di balik kelemahannya. Atau tentang pengalaman orang tua yang bangkit untuk mengarahkan dan menaklukkan kenakalan anaknya. Juga tentang pengalaman orang tua menemukan ‘bakat lain’ dalam diri anaknya.
d.     Mutiara Yang Bersinar: merupakan kisah nyata tentang kebahagian orang tua yang mempunyai buah hati yang bersinar. Sehat, cerdas, penurut, dan penuh potensi. Simaklah berbagai kisah para orang tua tentang pengalaman mereka menemukan dan membina sinar bintang di dalam diri anak mereka. Mengantarkan mereka menuju kesuksesan yang gemilang. 
e.      Mutiara Yang Menginspirasi: merupakan kisah nyata tentang tingkah polah anak yang menginspirasi orang tuanya ataupun orang-orang di sekitarnya. Bagian ini berisi kisah-kisah penuh hikmah serta kejadian yang menggugah yang mampu memberikan semangat dan mengubah hidup seseorang karena menemukan inspirasi dari tingkah polah seorang anak.

4. Naskah diketik rapi pada jenis kertas A4, TNR 12, spasi 1,5, justify, dengan batas margin 3 cm (1,18 inci)  untuk setiap sisi, dan panjang 3-5 halaman.  
5. Naskah adalah karya sendiri (bukan saduran) dan belum pernah dipublikasikan lewat media mana pun.
6. Setiap peserta melampirkan biodata narasi maksimal 75 kata yang ditulis di bagian akhir naskah (masih dalam satu file tetapi pada halaman terpisah).
7. Naskah dikirim ke email: bagi_inspirasi@yahoo.co.id berupa attachmentbukan di badan e-mail.
8. Tulis judul e-mail dengan format: MutiaraPN-SubTema-Judul Naskah-Nama Penulis.
9. Setiap peserta hanya boleh mengirimkan satu naskah terbaiknya untuk setiap sub-tema.
10. Lomba ini dibuka mulai 1 Mei 2013 hingga 10 Juni 2013 (Jam 23:59 WIB).
11. Hasil lomba akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2013.
12. Bagikan info lomba ini kepada minimal 25 orang sahabat FB.
13. Kirimkan konfirmasi pengiriman naskah lomba ke timeline Penerbit Pena Nusantara pada link berikut:www.facebook.com/PENERBITPENANUSANTARA
14. Naskah yang terpilih menjadi hak pelaksana lomba untuk dipublikasikan dalam bentuk buku. 
15. Akan dipilih sekitar 6 naskah terbaik untuk setiap sub-tema untuk dibukukan. Buku akan diterbitkan oleh Penerbit Pena Nusantara secara indie atau mayor (bergantung kepada kualitas tulisan terpilih).
16. Keputusan Dewan Juri mengikat.


Hadiah:
Apabila naskah yang terkumpul dinilai layak diterbitkan secara mayor, maka setiap kontributor buku akan mendapatkan kompensasi sbb:
1.     E-sertifikat
2.     Beberapa eksemplar buku gratissenilai minimal Rp. 200.000
3.     Souvenir cantik.

Namun, apabila buku diterbitkan secara indie, setiap kontributor akan mendapatkan kompensasi sbb:
1.     E-sertifikat
2.     Diskon 20% dari harga buku untuksetiap pembelian bukunya.

Selamat menulis, Kawan-kawan. Mari bersama berusaha untuk melejitkan kilau mutiaradalam diri anak-anak kita.

Salam Karya,
Erni Misran dan Penerbit Pena Nusantara

reff :

Artikel Terkait Lomba

0 comments:

Post a Comment