Ads 468x60px

Saturday, April 27, 2013

Kuliah Umum Kewirausahaan


Dari Kampus Menjadi Wirausaha Agribisnis
(From Campus to be Aribusiness Enterpreneur)

Sabtu, 20 April 2013


Suasana kampus ITSB hari sabtu ini terasa berbeda dengan biasanya, jika biasanya aktifitas kampus terasa terhenti dan kelihatan sangat sepi, namun tidak untuk pekan ini pasalnya ITSB punya gawe yaitu Kuliah Umum Kewirausahaan dengan tema Agribusiness. Low elihatan tidak nyambung ya, kok kampus teknik kuliah umumnya tentang pertanian...?!! loh jaangan salah meskipun kami disini sebagai enginer bukan berarti kita harus buta dengan pengetahuan dunia lain termasuk agribusiness, karena sekarang ini agribusiness menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan. Sebagai Enginering kita bisa membuat teknologi yang bisa membantu parapetani yang selama ini masi menggunakan sisem tradisional dengan adanya para enginer dengan penemuan teknologinya maka diharapkan bisa meningatkan produktifitas dibidang agribusiness.


Kuliah Umum ini terselengggarakan atas kerjasama ITSb dengan KADIN (kamar dagang dan Industri) baik dari kadin Propinsi jabar maupun Kadin Pusat Indonesia. Peserta kuliah umum ini adalah semua mahasiswa ITSB beserta jajaran Dosen ITSB, Kuliah Umum yang diselnggarakan KADIn ini bukan hanya terlaksana di kampus ITSB saja melainkan berangsung juga di 4 kampus lain berlansung mulai bulan Februari 2013 dan ITSB menjadi tempat terakhir penyelenggaraan kuliah umum ini.

                Jadwal kuliah umum ini lumayan padat dengan berberapa narasumber yang telah dipersiapkan, acara dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 14.30 WIbB. Narasumber pertama membicarakan peliuang usaha mengenai alat pertanian karena di Indonesia ini masih sangat jarang ditemui perusahaan produsen alat pertanian dan banyak produk- produk cina yang masuk, sehingga dengan kondisi ini peluang usaha masih tebuka lebar. Setelah mendengarkan prospek usaha di teknologinya untuk narasumber kedua berbicara Kiat- kiat menjadi pngusaha yang disampaikan oleh Rahmat S Nugraha seorang coach leader, lanjut ke Narasumber ke-3 yang mambicarakan peluang bisnis Singkong, lewat Asosiasi MSI (Masyarakat singkong indonesia) ada program yang akan dilaksanakan yaitu pembukaan lahan singkong dan memberdayakan para pemuda, narasumber terakhir dalam kuliah umum ini membicarakan peluang usaha Kopi.
               

Setelah narasumber menyampaikan materinya lanjut dengan acara tanya jawab, respon peserta kuliah umum ini sangat bagus dan banyak sekali pertanyaan yang diajukan, namun karena keterbatasan waktu sehingga pertanyaan – pertanyaan di jawab oleh para narasumber secara global. Setelah semua rangkaian acara selesai, kuliah umum ini ditutup oleh Rektor ITSB Dr. Ir. Ari Darmawan Pasekh, M.Si. acara selanjutnya adalah acara non formal dengan menampilkan ketrampilan mahasiswa ITSB sepeti Band, akustik serta Stand Up Comedy. Teman- teman Sekelas Prodi Sawit turut andil menyumbangkan 3 buah lagu ,melalui Band yang digawangai oleh Ardi, Kimi (vokal), Dwi (Giitar 1), Purwo (Gitar 2), wawan (Bass) dan Risyad (Drum). Salah satu lagu yang dibawakan adalah jinggle minyak sawit, agu kebanggaan orang – orang sawit dari Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) yang di Populerkan oleh AUDi feat Ari Lasso. Jika ingin yahu lagu ini bisa di download disini.disini
               

Artikel Terkait Curcol

0 comments:

Post a Comment