Ads 468x60px

Monday, May 13, 2013

Presentasi Proposal Business



Tempe Daun Singkong

Senin, 13 Mei 2013
            Menindak lanjuti Program yang ditawaran KADIN (Kamar Dagang dan Industri) aku dan Gunawan Serta Ardi membuat Prosposal Bisnis yang Ide awalnya dari Gunawan yaitu Tentang “Tempe Daun Singkong”. Aku merasa tertarik dengan tempe ini karena aku belum pernah tahu dan merasakan Tempe tersebut, menurut referensi yang didapat gizi yang terkandung didalamnya lumayan cukup tinggi Yaitu Hasil pengujian di Balai Riset dan Standarisasi Padang, Provinsi Sumatera Barat dan Laboratorium Fakultas Peternakan Universitas Andalas menunjukkan kandungan protein total tempe daun singkong 20 – 30%. Bandingkan dengan protein susu yang mencapai 25% atau kedelai 35-43%. Selain itu menurut Badan Pangan dan Pertanian (FAO) daun singkong kaya vitamin A dan vitamin C.
Daun singkong mengandung 11.000 IU vitamin A dan 275 mg vitamin C dalam 100 gram. Buah yang identik dengan vitamin C, yakni jeruk hanya mengandung 50 mg, sedangkan 1 gelas jus apel memiliki 20 IU vitamin A. Kedua kandungan nutrisi itu berfaedah bagi kesehatan mata dan kekebalan tubuh, terutama pada anak-anak. Artinya tempe daun singkong menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan kedua vitamin esensial itu.
Dengan data yang ada tersebut aku semakin tertarik, didukung dengan mudahnya mendapatkan bahan baku di Cikarang karena ada perkebunan singkong didaerah Jonggol. Aku coba membuat proposal kewirausahaan yang aku beri Judul “ Pengembangan Temponk (tempe daun Singkong)” aku tertarik dengan nama temponk yang kalau tidak salah dalam bahasa jawaku memiliki arti “paha” jadi aku analogikan nanti jika memakan tempe ini maka seakan - akan memakan paha ayam.
Proposal selesai di Buat awalnya aku sangat Optimis bisa lolos, namun kadang juga merasa pesimis, dan dapat kabar dari ketua KM (keluarga mahasiswa) ITSB bahwa akan diadakan pemaparan prosoposal didepan wakil rektor sebelum dikirim ke KADIN untuk disetujui dan mendapatkan dana program kewirausahaan tersebut. Aku semakin Pesimis, karena Aku berasal dari Prodi Sawit yang Nota bene udah terikat dengan perusahaan dan tidak ada waktu libur, 2 bulan lagi kemungkinan akan ada PKL ke luar jawa jadi mungkin dari kampus tidak akan disetujui.
Senin pagi aku dihampiri Akbar yang memberi tahu bahwa hari Ini Pukul 13.00 WIB aku dan kelompok disuruh Presentasi di Ruang Rapat ITSB lantai 2 dan disuruh membuat Powerpoint, segera aku buat slide Presentasi untuk persiapan presentasi tersebut. waktu terus berjalan dan sampailah pada pukul 13.00 WIB Kuliah Bu Kun, entah ada apa dengan Beliau sepertinya aga beda dan agak sedikit sensitif, stelah mendengar beberapa penjelsan materi dari Bu Kun aku memintah Izin untuk meninggalkan kelas karena harus Presentasi. Aku dan teman- teman disuruh buat surat ijin, setelah itu aku meninggalkan kelas dan menuju ke lantai 2.
Sampai disana teman – teman dari prodi lain sudah berkumpul dan sudah ada yang presentasi dan sedang diulas oleh Pak Sugiarto serta Bu Anin, setelah itu tibalah giliran kelompokku memaparkan prosposal yang telah aku buat yang dipresentasikan oleh Gunawan. Ternyat sungguh diluar dugaan ternyata ide tempe daun singkong ini dinilai lumayan bagus dan aku suruh eksperimen buat produknya dulu. Awalnya yang agak kurang optimis sekarang jadi Optimis lagi untuk segera bereksperimen dan segera mengirimkan proposal tersebut untuk bisa lolos seleksi.



Artikel Terkait Curcol

0 comments:

Post a Comment