DESKRIPSI KEGIATAN
Sharia Economics Business Plan-Competition 2013 merupakan kompetisi Business Plan tingkat nasional yang
diselenggarakan oleh Sharia Economics Student Club (SES-C) FEM IPB. SEBC
2013 merupakan bagian dari rangkaian acara SEASON 9 (Sharia Economics At
Seminar, Expo, and Campaign 9) yang menjadi agenda terbesar SES-C dan
bersifat tahunan. Tahun ini, SEBC 2013 mengangkat tema “Go Enterpreuneur!
Let’s get the maslahah” dengan pilihan kategori bidang agribisnis baik
berupa barang (produk) atau jasa.
Kompetisi ini merupakan ajang
bagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia untuk menyalurkan pemikirannya dalam bentuk
proposal pengembangan ide bisnis berbasiskan pertanian dengan mengaplikasikan
sistem syariah dalam pelaksanaan ide bisnis tersebut. Selain itu, kegiatan ini
turut memperkenalkan pertanian secara aplikatif dalam dunia wirausaha serta
menambah kecintaan dan minat generasi muda terhadap pertanian. Kompetisi SEBC
2013 ini dibagi menjadi tiga tahap, mulai dari seleksi proposal sampai dengan pameran
produk. Ketiga tahap ini akan dijelaskan lebih lanjut di teknis perlombaan.
PILIHAN KATEGORI
1) Diversifikasi pangan
2) Produk Agribisnis pangan/olahan termasuk kuliner
3) Produk Agribisnis non pangan (hobiest, industri kreatif, bahan baku
industri)
4) Produk Input Pertanian (pakan, pupuk, pestisida, obat, dst)
5) Teknologi pertanian sederhana (misalnya alat-alat pertanian)
6) Hasil Pertanian (secara luas, dapat meliputi pertanian, perikanan,
peternakan, dan kehutanan)
7) Jasa pertanian
KETENTUAN PERLOMBAAN
SISTEMATIKA PENULISAN BUSINESS
PLAN
FORMULIR PENDAFTARAN
HADIAH LOMBA
Juara I
|
Rp 3.000.000,00 + Sertifikat
|
Juara II
|
Rp 2.500.000,00 + Sertifikat
|
Juara III
|
Rp 2.000.000,00 + Sertifikat
|
Juara Stand Terbaik
|
Rp 1.500.000,00 + Sertifikat
|
Seluruh peserta yang telah mengirimkan proposal
masing-masing akan mendapatkan sertifikat peserta.
5 besar
berkesempatan untuk mendapatkan pembiayaan dari investor.
AGENDA KOMPETISI
Pendaftaran
Online Lomba
|
1 Mei s.d.
31 Juli 2013
|
Pengiriman
berkas Business Plan
|
15 Mei
s.d. 15 Agustus 2013
|
Seleksi
berkas
|
26 Agustus
s.d. 31 Agustus 2013
|
Pengumuman
Finalis (10 besar)
|
1
September s.d. 2 September 2013
|
Pengiriman
CD presentasi bisnis
|
3
September s.d. 15 September 2013
|
Grand Final
Presentasi
Business Plan
|
4 Oktober
2013
|
Pameran
Produk dengan Stand
|
5 Oktober
2013
|
Pengumuman
Hasil Lomba
|
5 Oktober
2013
|
Ketentuan dan agenda kompetisi sewaktu-waktu bisa berubah dengan diumumkan
terlebih dahulu sebelumnya secara resmi pada media publikasi.
TATA CARA PENDAFTARAN
1)
Pendaftaran
dilakukan dari tanggal 1 Mei 2013 – 31 Juli 2013.
2)
Pendaftaran perlombaan tidak dipungut biaya
(gratis).
3)
Peserta mengunduh
(download) dan melengkapi formulir pendaftaran di blog panitia: season9ipb.blogspot.com.
4)
Peserta mengirim formulir pendaftaran (dapat
diunduh di season9ipb.blogspot.com), foto 3x4 dan fotokopi KTM/KTP (scan atau foto) yang masih berlaku ke email season9sesc.ipb@gmail.com sebagai attachment dengan subjek: nama tim_nama ketua_univ_judul proposal, maksimal sampai
tanggal 31 Juli 2013 pukul 15.00 WIB. Kemudian akan mendapatkan
konfirmasi jika telah diterima oleh panitia.
5)
Setelah lolos sebagai finalis/5 besar (Grand final), Peserta wajib melakukan transfer biaya pendaftaran sebesar Rp.
500.000,- (sudah termasuk biaya penginapan, konsumsi, dan tiket seminar
internasional) ke rekening Bank Mandiri Syariah dengan nomor rekening
7044894364 (a.n. ERNAWATI). Kemudian melakukan konfirmasi ke nomor 081387976936 dengan format :
“SEBC_nama tim_nama ketua_tanggal
transfer”.
TATA CARA
PENGIRIMAN/ PENGUMPULAN BERKAS
1) Peserta mengirim berkas business plan dalam bentuk hardcopy disertai dengan formulir pendaftaran dilampiri
foto 3x4 dan fotocopi KTM/KTP (@1 lembar) yang masih berlaku ke alamat panitia:
Dekanat FEM, Jalan Kamper, Kampus IPB, Dramaga, Bogor, 16680. Pengiriman berkas
paling lambat tanggal 15 Agustus 2013 pukul 15.00 WIB. Kemudian
akan mendapatkan konfirmasi jika telah diterima oleh panitia.
2) Untuk arsip panitia, proposal (softcopy) dikirim dalam bentuk word/pdf melalui
email season9sesc.ipb@gmail.com sebagai attachment
dengan subjek: nama tim_nama
ketua_univ_judul proposal. Pengiriman paling lambat 15 Agustus 2013 pukul 15.00
WIB Kemudian
akan mendapatkan konfirmasi jika telah diterima oleh panitia.
3) Pengiriman CD berisi video presentasi bisnis (10 besar) disertai dengan
foto 3x4 dan fotocopi KTM/KTP yang masih berlaku (@1 lembar) dikirim ke alamat
panitia: Dekanat FEM, Jalan Kamper, Kampus IPB, Dramaga, Bogor, 16680.
Pengiriman CD paling lambat tanggal 15 September 2013 pukul 15.00 WIB. Kemudian
akan mendapatkan konfirmasi jika telah diterima oleh panitia.
INFORMASI LEBIH LANJUT
CP : Syafi’ie (0878-809-933-40)
Online
Blog :
season9ipb.blogspot.com
Email : season9sesc.ipb@gmail.com
Twitter : @SEASON9sesc
Facebook : SEASON SESC IPB
Note: Ketentuan dan agenda kompetisi sewaktu-waktu bisa berubah dengan
diumumkan terlebih dahulu sebelumnya secara resmi pada media publikasi.
No comments:
Post a Comment